Update Produksi Bak Fiberglass untuk Pengolahan Bahan Baku Industri Cat




Halo teman-teman kembali lagi diblog kita ya.. kali ini kita ingin mengupdate mengenai progress produksi kami dalam membuat bak fiberglass. Kami ada pemesanan bak fiberglass dari salah satu konsumen yang tinggal di daerah Cikarang. Kali ini tidak mengenai bak air tawar biasa ya. Tapi bak untuk menampung cairan kimia bahan cat.

Berikut ini adalah penampakan dari proses pembuatan bak fiberglass tersebut:




Bak Fiberglass Persegi
Bak Fiberglass Persegi

Bak ini dibuat dengan ukuran P2m x L1,2m x T1,2m. pada perencanaan awalnya rencananya mau dibuat penguatan rangka samping menggunakan bahan baku kayu. Setelah proses pembuatan satu buah bak ternyata tidak kuat dan akhirnya harus kita ganti dengan menggunakan besi hollow. Kami telah melakukan dokumentasi pembuatan videonya pada saat pengetesan awal yang tidak kuat dengan menggunakan kayu kaso. Berikut ini videonya guys:

Kelihatan di video kalau bak tersebut “melendung”. Jadi sisi kanan dan kiri dari bak tersebut semakin membesar ke samping. Dengan ukuran volumenya yang cukup besar tersebut itu sangat membahayakan guys. bisa-bisa air tumpah dengan ukuran yang cukup banyak dan membanjiri lokasi kerja disana. Oleh sebab itu kita harus meminimalisir dengan memastikan tidak ada yang bocor. Apalagi bisa jebol…

Pengalaman kami dalam membuat bak fiber bisa menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi teman-teman yang ingin memesan bak fiber. Jadi harus benar-benar dipastikan bahwa bak fiber tersebut tidak ada kebocoran atau potensi jebol. Jika memang pemesanannya dalam jumlah yang cukup besar, salah satunya adalah dengan melakukan control pada saat pembuatan bak tersebut pertama kalinya. Kontrolnya adalah dengan pengecekan dua sisi yaitu dari pihak konsumen dan dari pihak kami selaku produsen.

Jika sudah oke pada saat pengecekan bak fiber pertama tersebut, selanjutnya tim produksi akan mengikuti bak tersebut untuk produksi selanjutnya sampai dengan selesai. Bak pertama tersebut akan menjadi acuan bagi bak yang lainnya khususnya dalam konsistensi produksi. Standar produksi tersebut selanjutnya juga bisa menjadi acuan bersama bagi konsumen maupun kami sebagai produsen dari bak tersebut untuk di audit pada saat barang sudah selesai di produksi semua.

Dikarenakan sifatnya yang custom, diharapkan juga dilakukan pengecekan terlebih dahulu dari pihak konsumen sebelum barang tersebut dikirim. Hal ini merupakan salah satu hal yang sangat penting. Berdasarkan pengalaman yang sudah pernah kita alami, jadi pada saat pemesanan barang bersifat custom dan tidak sesuai dengan apa yang dipesan dikarenakan adanya perbedaan pandangan atau persepsi di awal, maka yang menjadi pengorbanan kita adalah ongkos kirim. Bayangkan saja ongkos kirim jika menggunakan truk itu sangat besar dan cukup material jumlahnya. Pada saat kondisi tersebut terjadi pertanyaannya adalah siapa yang mau menanggung ongkos kirimnya?

Untuk mengurangi atau meghilangkan risiko terkait dengan kesalahan produksi baiknya konsumen melakukan audit pada saat barang selesai di produksi dan sebelum dikirim. Kalau memang masih ada hal-hal yang perlu direvisi, masih ada waktu dan tenaga kerja serta alat dan bahan baku yang masih tersedia lengkap di workshop produksi. Tapi akan berbeda ceritanya jika barang tersebut sudah sampai di tempat konsumen. Akan lebih ribet lagi…..

Gagal pada saat pembuatan awal

Pada saat pembuatan pemesanan bak fiberglass, hal yang perlu dilakukan adalah acc sample produksi pertama. Jadi dalam kasus ini total bak yang dipesan adalah sebanyak 6 buah bak. Kita sudah sepakati untuk membuat bak sebanyak 1 buah tersebih dahulu untuk kemudian di audit sebelum memproduksi bak sebanyak 6 unit. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi risiko kesalahan yang fatal sebagai akibat dari kesalahan persepsi diantara konsumen dan produsen.

Bak Fiberglass yang melendung
Bak Fiberglass yang melendung

Sebenarnya kesalahan pada saat produksi awal itu bukanlah kegagalan, hanya saja sebuah kekurangan yang masih bisa untuk disempurnakan kembali. Bayangkan jika kalau belum dilakukan persetujuan pada saat produksi pertama dibuat. Penyempurnaan tersebutlah yang pada selanjutnya akan memperlancar proses produksi sampai dengan seluruh jumlah produksinya selesai.

Pada kasus pembuatan bak fiberglass kali ini, terjadi kelemahan pada tulangan yang terbuat dari kayu kaso. Akibatnya adalah bak fiber yang melendung karena tekanan air yang cukup besar dan berat. Dari kasus itu kita akhirnya mengganti tulangan tersebut dengan besi hollow ukuran 4 x 4 yang juga dicor dengan semen untuk menguatkan khususnya pada sisi penampang yang panjang.

Setelah di revisi akhirnya bak tersebut sudah cukup kuat, dan siap untuk dikirim. Untuk menjaga keseimbangan produksi di konsumen kita melakukan pengiriman begitu bak fiber selesai dibuat. Supaya bisa digunakan langsung untuk produksi. Kita juga masih terus melanjutkan produksinya sampai dengan 5 bak lagi. Agar efektif dan efisien bak tersebut diharapkan bisa selesai sekaligus dan dikirim dengan menggunakan truk biar cukup dengan sekali kirim saja.

Pengiriman bak fiberglass
Pengiriman bak fiberglass

Buat teman-teman yang sedang mencari bak fiber baik untuk kebutuhan ternak ikan ataupun kebutuhan industry lainnya, bisa menghubungi kami lebih lanjut untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu kebutuhan Anda. dikarenakan masing-masing bak fiber memiliki fungsi masing-masing tergantung dari cairan atau barang apa yang akan ditaruh di dalam bak tersebut. Spesifikasi material fiberglass harus dibuat sesuai dengan tampungan cairan yang ada nantinya. Silakan dan jangan sungkan menghubungi kami lebih lanjut walaupun sekedar bertanya.




Dayana Fish Pond

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *