Memanfaatkan Bak Fiber Bulat dengan ukuran 1,5m Untuk Pembesaran Lele




Berinvestasi dengan yang namanya infrastruktur memang merupakan salah satu jenis pos pengeluaran yang terbesar dalam hal apapun. Tidak terkecuali dengan usaha peternakan ikan lele misalnya. Apakah yang dimaksud dengan pos infrastruktur bagi peternak lele? Salah satunya adalah mengenai kolam ikan. Ya.. kolam ikan adalah sarana yang sangat vital bagi usaha peternakan lele. Betapa tidak, lele hidup pada media kolam bukan yang lainnya. Hehehe…

Sudah barang tentu menyiapkan kolam yang pas untuk lele akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang lele kita. Semakin enak tempat bertumbuh kembangnya, tentunya akan membuat ikan lele semakin cepat dan tidak ada masalah yang berarti dari proses pengembangbiakan sampai dengan masa panen. Sebaliknya jika tempat dari lingkungan hidup lele tersebut bermasalah, tentunya akan membuat sang ikan tersebut stress dan akan berpengaruh terhadap ketahanan fisik dan pertumbuhan lele itu sendiri.




Kalau kita bicara mengenai media yang baik untuk lele itu sebenarnya ada banyak sekali, diantaranya adalah empang, kolam beton, kolam terpal, atau yang lainnya yaitu kolam fiber. Sudah terbukti dari waktu ke waktu berbagai media kolam tersebut telah melahirkan banyak lele yang dipanen. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi di bidang pengembangbiakan lele juga ditemukan sistem baru dalam beternak lele yaitu sistem ternak lele booster.

Dengan menggunakan media bak fiberglass bulat, kemudian dirancang sedemikian rupa mengenai sirkulasi air, pakan dan juga pemberian vitamin, disinyalir dapat memacu pertumbuhan lele dengan lebih baik daripada dengan sistem ternak lele biasa. Bak fiber bulat itu bukan tidak memiliki alasan. Alasan digunakannya bak fiber bulat adalah untuk menghindari adanya sisi-sisi yang bisa menjadi tempat mojok bagi lele. Yang pada akhirnya akan memberikan psikologis lele untuk suka mojok dan banyak berkumpul. Dengan bentuknya yang bulat maka secara psikologis lele seperti berasa berada pada tempat yang luas yang tidak memiliki sisi pojok dan senantiasa berputar kesana-kemari untuk olahraga yang menyehatkan badannya.

Diantara bentuk bak fiber bulat pun banyak sekali ukurannya, ada bentuk yang kecil dengan diameter 1m, diameter 1,5m, diameter 2m, diameter 3m, dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan. Jika dipertimbangkan mengenai biayanya tentunya membutuhkan biaya yang relatif besar. Memang kita akui investasi di bidang bak fiber pasti membutuhkan dana yang lebih besar jika dibandingkan dengan investasi kolam terpal biasa. Namun tentunya bak fiber dijamin memberikan nilai umur manfaat yang lebih panjang dengan cukup satu kali investasi saja.

Mempertimbangkan mengenai biaya investasi dari bak fiber tersebut kita bisa mensiasatinya dengan berinvestasi pada bak fiber yang kecil terlebih dahulu. Jika memang Anda memiliki anggaran yang terbatas Anda bisa memanfaatkan bak fiber dengan ukuran diameter 1,5m untuk modal awal pembesaran lele Anda. Berikut ini merupakan penampakan bak fiber dengan ukuran diameter 1,5 m tersebut:

bak fiber diameter 1,5m
Bak Fiber Bulat

Pada saat tulisan ini dibuat saat ini harga bak fiber dengan ukuran diameter 1,5m dan tinggi 50cm seperti yang ada pada gambar tersebut di atas adalah seharga Rp1.800.000,- an.. Hal ini disesuaikan dengan inflasi yang ada dari waktu ke waktu. Tidak menjadi informasi yang valid sepenuhnya ke depannya.

Nah, ini adalah dokumentasi beberapa jumlah bak fiber dengan ukuran yang sama yaitu diameter 1,5 m:

bak fiber diameter 1,5m
Bak Fiber diameter 1,5m

Jadi demikian rekan-rekan semua, bagi Anda yang memang memiliki anggaran yang terbatas tapi ingin investasi jangka panjang di bidang bak fiberglass, Anda bisa memanfaatkan media bak fiber dengan ukuran diameter 1,5m sebagai langkah awal investasi di usaha Anda. Informasi mengenai pemesanan atau konsultasi mengenai bak fiber sebagai media ternak lele, Anda bisa menghubungi kami pada kontak yang tertera di menu website ini.

DFP Bak Fiber

Kp. Pisangan RT08/04 No.13
Desa Satria Mekar
Tambun Utara
Bekasi – 17510
Tlpn. 021-29259585
Fax. 021-29259584
Call/sms/wa: 08118408787
Email: sales@dayanaindonesia.id

 




Dayana Fish Pond

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *